Apakah saat ini kamu masih dilanda kebingungan dalam menentukan jurusan kuliah yang menjanjikan? Atau kamu bingung mencari jurusan kuliah yang minim atau bahkan tidak melibatkan matematika?
Matematika memang merupakan salah satu mata pelajaran sulit yang membuat beberapa orang menghindarinya. Namun, jangan khawatir! Pasalnya, ada beberapa jurusan kuliah yang lulusannya banyak dibutuhkan namun nggak perlu repot-repot mempelajari matematika. Yuk dicek, siapa tahu ada yang cocok buat kamu!

 

Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi/Foto: Pexels.com/Kampus Production
Sekilas dari namanya, mungkin kamu sudah sedikit terbayang apa yang akan dipelajari di jurusan ini. Yup, di jurusan Ilmu Komunikasi kamu akan mempelajari tata cara menyampaikan pesan yang efektif agar pesan tersebut bisa sampai ke target audiens dengan baik tanpa diikuti dengan adanya kesalahan persepsi ataupun miskomunikasi.

Komunikasi yang dimaksud terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari komunikasi antar individu dan masyarakat, komunikasi politik, pemasaran hingga komunikasi internasional. Saking banyaknya teori serta praktik komunikasi yang harus kamu hadapi sehari-hari, jangan kaget ya kalau tiba-tiba keahlian public speaking-mu pun meningkat!

Peminatan                             
Setidaknya ada 6 peminatan di jurusan Ilmu Komunikasi yang dapat kamu pilih sesuai kesukaan dan potensi diri, yaitu:

Hubungan Masyarakat
Jurnalistik
Penyiaran
Periklanan
Manajemen Komunikasi
Komunikasi media

Prospek Kerja
Semakin maju teknologi maka semakin banyak peluang kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu tekuni seperti:

Jurnalistik: Jurnalis, reporter, wartawan, presenter dan pembaca berita
Industri kreatif: Content creator, content writer, copywriter, scriptwriter, YouTuber dan videografer
Pemerintahan dan Non-Governmental Organization (NGO): Staf humas
So, siapa nih yang hobi ngomong di depan publik? Jurusan ini bakalan pas banget buat kamu!

 

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desain Komunikasi Visual (DKV)/Foto: Pexels.com/Apunto Group
Kamu hobi desain atau sering tanpa sengaja mencoret-coret kertas untuk menggambar? Itu artinya kamu wajib banget berkenalan dengan jurusan Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat DKV. Di jurusan ini kamu nggak akan berpusing ria memikirkan rumus matematika. Sebaliknya, kamu akan mendalami dua pokok ilmu seni yaitu ilmu komunikasi dan ilmu seni rupa.

Kedua ilmu ini kemudian direfleksikan ke dalam bentuk karya seni 2 dimensi (2D), 3 dimensi (3D) bahkan multimedia. Tujuannya agar karya seni tersebut dapat menyajikan informasi yang mudah dipahami, unik dan mampu menarik perhatian audiens. Untuk mencapai tujuan ini, tentu dibutuhkan orang-orang dengan kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi ya, Beauties! Wah, apakah kamu salah satunya?

Peminatan
Terdapat beberapa peminatan di dalam jurusan DKV, diantaranya yaitu:

Desain Grafis
Ilustrasi Digital
Animasi

Prospek Kerja
Sama seperti Ilmu Komunikasi, lulusan DKV juga dinilai menjadi salah satu yang paling banyak dibutuhkan di era industri seperti sekarang. Terutama di bidang industri kreatif, kamu bisa bekerja sebagai:

Periklanan: Fotografer, ilustrator, desainer grafis dan animator
Media televisi dan perfilman: Art director dan creative director
Penerbitan: Layouter dan komikus



Hubungan Internasional


Hubungan Internasional/Foto: Pexels.com/Keira Burton
Satu lagi jurusan yang recommended untuk kamu pertimbangkan dalam misi 'melarikan diri' dari matematika, yakni, Hubungan Internasional! Cukup populer di kalangan calon mahasiswa, jurusan ini cocok banget bagi kamu yang suka hal-hal berbau politik seperti interaksi antar negara dan pencegahan konflik global.

Materi utama yang dipelajari dalam jurusan ini yaitu konflik yang terjadi di berbagai belahan dunia, globalisasi, integrasi ekonomi, upaya penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) serta isu pencemaran lingkungan. Sebagai mahasiswa, kamu nantinya dituntut untuk selalu berpikir kritis dan objektif dalam menilai suatu permasalahan. Wah, sepertinya asyik sekali, ya?

Peminatan
Beberapa mata kuliah peminatan ini akan kamu temui di jurusan Hubungan Internasional atau disingkat HI:

Hak Asasi Manusia (HAM)
Kesetaraan Gender
Pelestarian Lingkungan dalam perspektif HI

Prospek Kerja
Selama ini banyak orang mengira lulusan HI hanya akan menjadi diplomat, padahal kini terdapat banyak sekali peluang kerja lainnya, seperti:

Pemerintahan: Diplomat, konsulat jenderal, staf ahli dan staf kedutaan
Perusahaan multinasional: Konsultan bisnis internasional
Akademisi: Peneliti dan dosen
Non-Governmental Organization (NGO): Government relation officer dan international officer

Lingkup pekerjaannya yang internasional mendorong kamu untuk menguasai berbagai bahasa asing nih, Beauties. Lumayan ya, hitung-hitung menambah skill baru. Tertarik dengan jurusan ini?

Nah, itulah tiga jurusan yang recommended untuk kamu pertimbangkan jika nggak mau bertemu dengan matematika di bangku perkuliahan. 

 

sumber : [ Beautynesia.id | Ghena Oktafir ]