Siapa yang tak kenal dengan mie instan atau mi instan? Salah satu suguhan makanan yang paling membumi dan dikenal oleh berbagai kalangan masyarakat.

Selain harganya yang murah, pembuatannya juga cukup mudah dan relatif cepat. Dalam sejarahnya, mi instan lahir dari kreasi Momofuku Ando pada 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin. Perusahaan ini memproduksi produk mi instan pertama di dunia Chicken Ramen (ramen adalah sejenis mi Jepang) rasa ayam.

Peristiwa penting lainnya terjadi pada 1971 ketika Nissin memperkenalkan mi dalam gelas bermerek Cup Noodle. Kemudian mi instan tersebut masuk ke Indoesia pada tahun 1968. Diperkenalkan oleh PT Lima Satu Sankyu (selanjutnya berganti nama menjadi PT Supermi Indonesia) dan PT Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia Ltd.

Selain di Indonesia ternyata mi instan juga telah tersebar ke belahan bumi lainnya. Media Los Angeles Times membuat sejumlah daftar mi instan terenak dan populer di dunia. Berikut sajian daftarnya:

 

1. Indomie Barbeque Chicken

Bertapatan pada tahun 2019, salah satu mi instan produksi Indonesia yaitu Indomie Barbeque Chicken dinobatkan sebagai mie instan terbaik dan paling enak di dunia. Mi ini berhasil menduduki peringkat nomor satu karena berdasarkan penilaian peringkat tersebut berdasarkan 2 hal, yaitu rasa dan kesesuaian rasa dari iklannya.

 

2. MyKuali Penang White Curry

Setelah dari Indonesia ada juga dari malaysia yang memiliki ciri khas dari negara asalnya. Sesuai namanya, mi instan ini disajikan dengan kuah kari putih dengan cita rasa yang khas, lezat dan nikmat.

 

3. Nongshim Shin Black

Mie instan terenak di dunia nomor tiga ada Nongshim Shin Black. Kuah kaldu pedas serta irisan sayuran dan bawang putih dalam mi ini semakin menambah kelezatannya saat disajikan. Di Indonesia, untuk menemukan mi instan ini tidak sulit, karena sudah tersedia di banyak supermarket atau gerai toko makanan khas Korea.

 

4. Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan

Bila Anda melihat bungkusnya, maka akan menemukan potret Chef Besi Masaharu Morimoto ini menjadi pembeda dengan mie instan lain. Keistimewaan mie instan Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan ialah tekstur mi yang lembut dan rasa kuah kaldu khas.

 

5. Ibumie Mi Goreng Curry Kapitan

Mie instan terenak di dunia nomor lima jatuh kepada Ibumie Mi Goreng Curry Kapitan. Mie instan ini termasuk salah satu merek terlezat di dunia yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia. Mi instan goreng ini mengandung banyak rempah-rempah seperti jintan, ketumbar dan cabai.

 

6. Myojo Chukazanmai Soy Sauce

Seperti namanya, merek mi instan Myojo Chukazanmai Soy Sauce disajikan dengan shoyu. Shoyu sendiri adalah kecap Jepang yang berperan untuk menyeimbangkan cita rasa asin dan rasa kacang fermentasi di dalam mi.

 

7. MyKuali Penang Spicy Prawn

Bila Anda mengenal salah satu makanan Penang White Curry yang berasal dari negeri jiran Malaysia, maka MyKuali Penang Spicy Prawn tak kalah jauh rasanya. Salah satu keunggulannya yaitu kuah dari mi instan dengan cita rasa udang yang khas.

 

8. Mama Shrimp Creamy Tom Yum

Mie instan terenak berikutnya, ada mi instan paling enak dari Thailand yaitu Mama Shrimp Creamy Tom Yum. Rasa udang di dalam mi instan sangat kuat saat disajikan. Selain itu, aroma rempah serai pun menggugah selera orang yang menghirupnya.

 

9. Maggi Masala Spicy

Konsep kemasan mie instan ini cukup out of the box. Pada umumnya, kemasan mie instan terlihat mewah, tapi berbeda dengan merek mi instan satu ini yang terlihat biasa. Maggi Masala Spicy punya cita rasa unik dan tentu saja kenikmatannya tak perlu diragukan lagi.

 

10. Indomi Goreng Original Mie instan terenak nomor 10 mie instan terbaik dunia versi L.A Times, datang dari Indonesia, yaitu Indomie Goreng Original.

 

Bisa dibilang, ini merupakan satu dari sekian banyak merek Indomie yang sangat disukai orang-orang. Hebatnya pada tahun 80-an, produk mie instan ini sudah dikenal luas hingga Afrika Barat.

Rasa mi goreng yang begitu nikmat dan mudah ditemukan membuat orang-orang ketagihan saat memakannya.

Mie instan terenak tidak hanya berhenti pada 10 daftar di atas. Masih ada daftar lainnya dan bisa Anda coba di rumah. Anda bisa membelinya baik di toko terdekat atau melalui daring. 

Nissin Cup Noodles Black Pepper Crab, Nissin Top Ramen Soy Sauce, Samyang Mala Hot Chicken, Pulmuone Crab Jjamppong, Nongshim Budae Jjigae, Hikari Miso Sichuan-Inspired Spicy Sesame, Maruchan Chicken, Sapporo Ichiban, Samyang Seafood Party, Paldo Volcano Chicken Noodle, Ve Wong Kung-Fu Soybean Paste, Fashion Foods XO Sauce, Samyang (Sutah), Ottogi Jin Spicy, Paldo Bul Cheese, Nongshim Bowl Noodle Soup Spicy Kimchi, Sapporo Ichiban, Nissin Demae Tonkotsu with Black Garlic Oil, Wu-Mu Artificial Pork Flavor, Unif Tung-I ramen Chinese Onion, Dr. McDougall’s Right Foods Vegan Miso.

 


[ sumber : katadata.co.id | Muhammad Irfan Al-Amin | Editor: Safrezi ]