Apa arti kata jokes dalam bahasa gaul sering menjadi pertanyaan kaum muda.

Jokes adalah istilah bahasa gaul zaman sekarang. Karena jokes telah menjadi kebutuhan sebagian besar orang. Salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk menyebarkan kata-kata bijak, puisi, hingga jokes receh adalah Twitter. Walaupun platform media sosial lainnya pun tidak kalah eksis.

Menariknya, kata jokes tersebut berasal dari bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui bahasa gaul saat ini semakin muncul dengan maraknya penggunaan media sosial. Selain itu, istilah jokes saat ini sudah mulai familiar di telinga orang-orang.

Lalu Apa Arti Kata Jokes dalam Bahasa Gaul?
 

Pengertian Jokes
Jokes adalah sebuah humor atau guyonan yang didasarkan dari hal-hal yang lucu atau berbau lelucon komedis. Apapun yang bisa membuat kamu ketawa sampai mengocok perut, hal ini dapat dikatakan sebagai jokes.

Ketika ada seseorang yang berusaha untuk membuat lelucon atau komedi untuk membuat orang tertawa. Hal ini berarti orang tersebut sedang melakukan jokes. Namun, jika ada yang melakukan jokes, tidak memiliki arti semuanya akan berakhir dengan lucu yang membuat orang tertawa. Ada juga jokes yang tidak menarik perhatian dan malah membuat orang lain terheran-heran.

Umumnya jokes yang tidak bisa membuat gelak tawa adalah jokes receh. Kata receh adalah uang dengan nominal kecil. Tapi, di kalangan anak muda, recek bukan hanya sekadar uang saja tapi lebih dalam dari itu. Receh adalah segala hal yang sepele, murahan, maupun tidak berkualitas.

Apabila digabungkan, jokes receh adalah sebuah lelucon atau candaan yang tidak lucu atau sebuah comedian yang murahan dan tidak berkualitas.

 

Pengertian Dark Jokes

Selain itu, anak muda jaman sekarang juga sering menggunakan istilah dark jokes. Dark berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti gelap dan jokes adalah lelucon atau humor. Oleh karena itu, dalam kamus bahasa gaul, dark jokes merupakan sebuah lelucon, humor, komedi yang gelap.

Istilah Lain
Paripurna

Kata paripurna adalah kata kiasan lama yang digunakan untuk menggantikan arti sesuatu. Kata ini merupakan arti lain dari kebahagiaan seseorang.

 

Generasi Micin

Di Indonesia pada awal tahun 2018, banyak orang menggunakan istilah “Generasi Micin”. Kata ini digunakan untuk mengungkapkan perilaku anak-anak zaman sekarang yang sulit untuk dibujuk atau alay.

 

Komuk

Komuk mengandung arti kontrol muka atau wajah.

 

Gemoy

Gemoy merupakan interpretasi dari kata gemas. Dan biasanya digunakan pada hal-hal yang menarik untuk diekspresikan.

 

Japri

Kata Japri memang sering terdengar, namun pada kenyataannya kata tersebut masih belum banyak dikenal dalam arti umum. Japri sendiri bisa diartikan sebagai “jalur pribadi” atau “jaringan pribadi”.

 

Negara Ber-flower

Kata-kata ini sering terlihat dan dibaca di kolom media sosial, terutama di kolom komentar. Jika ada postingan yang aneh-aneh, netizen biasanya menulis kalimat negara ber-flower. Karena Indonesia adalah negara berkembang. "Flower" berarti bunga, yang tumbuh.

 

Damat

Damat adalah singkatan dari kalimat asli (bodo amat).

 

Mainstream

Mainstream adalah ungkapan yang menggambarkan sesuatu yang sangat umum.

 

Typo

Typo adalah klip dari kata yang mengeset, digunakan untuk orang yang typography atau salah ketik kata atau bahasa standar.

 

VC

VC adalah Video Call, dan sebagian besar bahasa ini digunakan oleh pengguna WhatsApp.

 

VN

VN adalah Voice Note, dan sebagian besar bahasa ini digunakan oleh pengguna WhatsApp.

 

Galau

Galau adalah keadaan emosi seseorang yang membuatnya merasa tidak tenang atau bimbang.

 

PC

PC adalah singkatan dari personal chat/private chat, yaitu pesan atau chat pribadi yang dikirimkan kepada orang yang dituju.

 

OTW

OTW adalah singkatan dari On The Way, on the road atau sedang dalam perjalanan.

 

LoL

LoL adalah singkatan dari "Laugh Out Loud" dalam bahasa Inggris, yang artinya tertawa terbahak-bahak.

 

Modus

Modus mengacu pada orang-orang yang memiliki niat yang berlawanan dengan tindakan mereka. Modus memiliki arti modal dusta atau bohong.

 

PEWE

PEWE adalah bahasa gaul anak muda yang berarti posisi yang nyaman, atau tempat yang nyaman.

 

GWS

GWS adalah singkatan dari kalimat bahasa Inggris "Get Well Soon", yang berarti semoga lekas sembuh.

 

Nolep

Nolep berasal dari singkatan No Life yang artinya tidak ada kehidupan. Orang yang tidak peduli dengan sekitarnya.

 

Rebahan

Kata rebahan berarti tiduran atau bermalas-malasan di atas kasur dan berguling-guling.

 

Sefruit

Sefruit berasal dari gabungan kata bahasa Inggris, yang berarti buah, jadi buah ini adalah kata penghubung kalimat.

 


[ sumber : viva | Dedi ]