Memilih jurusan kuliah tidak sekadar sesuai bakat dan minat. Akan tetapi, terbesit juga asa, kelak jika lulus mudah mendapat pekerjaan dan tentunya dengan gaji yang besar.

Kuliah tidak hanya sekadar menuntut ilmu pengetahuan dan menambah wawasan. Banyak yang berharap, setelah lulus kuliah dapat meniti karir dengan gemilang dengan potensi gaji yang besar.

Berikut 10 jurusan yang sedang tren dengan potensi gaji yang besar:

 

1. Teknik perminyakan

Jurusan teknik perminyakan salah satu jurusan paling dikenal punya masa depan yang cerah. Kondisi perminyakan yang terus meningkat, jurusan ini sangat dicari. Dengan gaji kisaran Rp 10 juta hingga Rp 40 juta. Jurusan teknik perminyakan ada di Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Trisakti dan Universitas Pertamina.

 

2. Ilmu Komputer

Perkembangan dunia komputer yang cukup pesat, menuntut kesiapan generasi muda terhadap bidang ilmu komputer. Oleh karena itu, lulusan jurusan ilmu komputer juga jadi incaran banyak perusahaan dengan kisaran gaji di atas Rp enam juta hingga Rp 30 juta. Jurusan ilmu komputer tersedia di Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Nusa Mandiri (UNM).

 

3. Sistem Informasi

Pertumbuhan laju informasi yang kian cepat, mengharuskan perusahaan mampu menyediakan SDM yang mumpuni untuk membantu dalam mendukung pengambilan keputusan di perusahaan. Jurusan sistem informasi, kian dibutuhkan oleh banyak perusahaan, dengan menawarkan gaji antara Rp 7 juta hingga Rp 25 juta.

Jurusan Sistem Informasi sudah sangat dikenal dan ada di beberapa kampus diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Bina Nusantara (BINUS) , Universitas BSI (Bina Sarana Informatika),  Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan Institut Teknologi & Bisnis BRI (BRI Institute).

 

4. Bisnis Digital

Dunia digital saat ini berkembang cukup cepat. Era digital, mengharuskan berbagai sektor kehidupan masyarakat pun turut berkembang menggunakan teknologi digital. Bidang bisnis pun tumbuh bersama dunia digital yang kian berinovasi, sehingga mengharuskan perusahaan siap dengan SDM unggul di bidang bisnis digital. Gaji yang ditawarkan pun juga menakjubkan yakni kisaran Rp 10 juta hingga Rp 35 juta. Jurusan Bisnis Digital tersedia pada kampus Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Prasetiya Mulya dan Institut Teknologi & Bisnis BRI.

 

5. Sains Data

Banyaknya data yang kian berkembang mengharuskan banyak pula ahli untuk mengolahnya menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Maka, jurusan sains data sangat banyak dibutuhkan perusahaan. Peran seorang ahli sains data begitu penting, tak heran perusahaan pun mampu menawarkan gaji yang begitu besar dengan kisaran Rp 15 juta hingga Rp 40 juta. Jurusan sains data tersedia di kampus Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan Universitas Teknologi Yogyakarta.

 

6. Manajemen

Bidang manajemen merupakan bidang ilmu yang tak akan pernah surut oleh waktu. Sebab, bidang manajemen selalu dibutuhkan di perusahaan. Perusahaan juga menawarkan gaji yang cukup besar bagi SDM unggul yakni antara Rp 10 juta hingga Rp 25 juta.

Jurusan manajemen tersedia di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dan Universitas Nusa Mandiri (UNM).

 

7. Informatika

Pentingnya peran teknologi informatika dalam berbagai bidang, membutuhkan banyak ahli di bidang informatika untuk membantu dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi informatika. Perusahaan akan menawarkan gaji yang cukup besar bagi lulusan jurusan informatika dengan gaji sebesar Rp 15 juta hingga Rp 27 juta. Jurusan informatika tersedia di beberapa kampus, diantaranya Universitas Telkom (Telkom-U), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Nusa Mandiri (UNM) dan Institut Teknologi & Bisnis BRI.

 

8. Teknik Mesin

Sarjana teknik mesin punya banyak keuntungan, sebab banyak bidang industri yang membutuhkan keahlian lulusan dari jurusan teknik mesin. Tak sedikit perusahaan yang mengincar lulusan teknik mesin untuk direkrut menjadi seorang ahli pada perusahaannya. Penawaran gaji untuk jurusan teknik mesin berkisar antara Rp 7 juta hingga Rp 20 juta. Kampus yang membuka jurusan teknik mesin yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

 

9. Teknik Elektro

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, lulusan teknik elektro sangat dicari dan mampu menjawab kebutuhan tersebut. Tenaga ahli bidang teknik elektro sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat. Lulusan teknik elektro cukup dicari oleh industri teknologi dan energi. Perusahaan juga menawarkan gaji yang cukup lumayan untuk lulusan jurusan teknik elektro antara Rp 6 juta hingga Rp 15 juta. Kampus yang membuka jurusan teknik elektro yakni diantaranya Universitas Brawijaya (UB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

 

10. Ilmu Komunikasi

Bidang ilmu komunikasi ialah bidang ilmu yang tak lekang oleh waktu. Sebab, ilmu komunikasi sangat dibutuhkan di seluruh perusahaan. Ilmu komunikasi punya begitu banyak manfaat dan cukup berperan penting pada perusahaan. Oleh karena itu, lulusan jurusan ilmu komunikasi mendapat tawaran gaji yang juga cukup besar yakni kisaran Rp 6 juta hingga Rp 12 juta. Kampus yang membuka jurusan ilmu komunikasi yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas BSI (Bina Sarana Informatika).

 

Itulah 10 jurusan yang sedang trend dan banyak dicari perusahaan, dengan tawaran gaji yang tentunya sangat menjanjikan untuk masa depan. Jadi, segera tentukan pilihan jurusan kuliah kamu, untuk mewujudkan mimpi-mimpi masa depan yang sempurna.

 

sumber : republika.co.id | Red: Gita Amanda