Adakah di antara kamu yang punya hobi menulis? Kalau kamu merasa punya bakat menulis atau ingin mengembangkan lagi kemampuan yang satu ini, bisa dilakukan dengan memilih prodi kuliah di kampus.
Pasalnya ada berbagai pilihan jurusan kuliah yang mendukung kamu untuk mengembangkan kemampuan menulis, lho.

Selain itu, banyak jurusan kuliah yang menjanjikan hadir buat kamu yang suka menulis. Penasaran prodi kuliah apa sajakah yang cocok dipilih buat seseorang yang memiliki hobi menulis? Simak daftarnya lewat artikel berikut ini yuk!

 

Prodi kuliah untuk yang memiliki hobi menulis/Christin Hume

 

Sastra & Komunikasi

1. Sastra
Hobi menulis memang nggak jauh-jauh dari menghasilkan karya tulisan ya, Nah, jurusan Sastra inilah yang bisa kamu pilih untuk menunjang kemampuan kamu di bidang kepenulisan. Seperti yang dilansir dari detikEdu, prodi kuliah Sastra jadi pilihan teratas buat siapa saja yang suka menulis.
Lewat jurusan kuliah yang satu ini, kamu nggak hanya dilatih untuk meningkatkan kemampuan menulis dan juga membaca. Tapi ada keterampilan lain yang nggak kalah penting dan bakal kamu temui dalam prodi Sastra. Seperti kuliah tentang berbicara, ilmu bahasa, jurnalistik, dan masih banyak lagi. 

2. Komunikasi
Selanjutnya, ada jurusan Komunikasi yang juga cocok buat dipilih seseorang yang punya hobi menulis. Komunikasi sendiri bisa terbentuk karena seseorang ingin menyampaikan pesan yang ditulis ataupun diucapkan.

Untuk itulah hobi menulis bisa jadi kemampuan yang mendukung kamu saat kuliah jurusan ini. Selain itu, dengan memilih prodi kuliah Komunikasi kamu juga akan terlatih untuk dapat menyampaikan pesan dengan bahasa yang baik kepada orang lain.

 

Prodi kuliah untuk yang memiliki hobi menulis/unsplash/Avel Chucklanov

 

Lingusitik & Periklanan

3. Linguistik
Sebagai seseorang yang suka menulis, bahasa tentu jadi makanan sehari-hari yang udah nggak asing lagi bagi kamu, Meskipun terdengar serupa, jurusan kuliah Sastra dan Linguistik punya lingkup yang berbeda, lho. Melalui prodi kuliah yang satu ini kamu akan dibekali kemampuan bahasa sampai ke akar-akarnya.
Lewat jurusan Linguistik, kamu akan dilatih untuk memahami cara mengolah bahasa yang baik dan benar. Selain itu, kamu juga akan mengetahui bentuk bahasa mulai dari dasarnya sampai bisa terbentuk sebuah kalimat. Cocok banget buat kamu pilih kalau ingin mengembangkan kemampuan berbahasa dengan lebih baik.

4. Periklanan
Selanjutnya, ada jurusan kuliah yang cukup menjadi salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan. Era digital yang semakin maju ini, kemampuan menulis kamu bisa digunakan untuk dapat menarik minat ataupun 'mengajak' masyarakat untuk membeli produkmu.

Caranya dengan menampilkan menerapkan strategi kreatif periklanan. Bisa lewat ilustrasi, animasi, desain komunikasi visual, dan sebagainya.

Nah, saat beriklan ini tentu membutuhkan kalimat yang menarik. Lewat jurusan Periklanan, inilah hobi menulis kamu pun akan lebih dilatih. Seperti yang dilansir dari Wolipop, jurusan kuliah Periklanan ini punya prospek yang bagus untuk berkarir di masa depan, lho.

5. Pendidikan
Kalau kamu ingin melanjutkan pendidikan di  jurusan kuliah yang menjanjikan tapi tetap bisa mengembangkan hobi menulis, ada prodi Pendidikan yang cocok untuk dipilih. Lewat prodi kuliah Pendidikan ini, kamu nggak hanya dilatih untuk menjadi guru yang profesional. 
Kamu pun akan dibekali kemampuan agar bisa membuat buku pelajaran ataupun modul, baik untuk siswa ataupun guru. Nah, inilah momen yang tepat bagi kamu agar membuat hobi menulis bisa jadi karir yang cemerlang di masa depan.

 

sumber : beautynesia.id | Anindya Milagsita