KULON PROGO - PT Angkasa Pura I menyediakan layanan vaksinasi bagi calon penumpang yang menggunakan jasa penerbangan di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Temon, Kabupaten Kulon Progo. 

Layanan ini dibuka lantaran selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat Jawa-Bali hingga 20 Juli 2021 mendatang, vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu syarat penerbangan.

Syarat vaksinasi Covid-19 ini wajib bagi penumpang yang sudah berusia di atas 12 tahun.

Sementara bagi penumpang berusia di bawah 5 tahun tidak perlu surat keterangan RT-PCR dan penumpang berusia di bawah 12 tahun tidak perlu surat vaksin. 

PTS General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengatakan sejak Senin (5/7/2021) kemarin, sudah disiapkan sentra vaksin khusus bagi penumpang pesawat di YIA. 

Calon penumpang yang belum mendapatkan vaksinasi, mereka bisa datang ke bandara H-1 sebelum keberangkatan atau paling tidak 4 jam sebelum keberangkatan. 

Dikarenakan proses pendaftaran hingga mendapatkan surat vaksin memerlukan waktu 30-40 menit. 

"Dengan adanya sentra vaksin itu, calon penumpang yang melakukan perjalanan dalam negeri dari dan ke Pulau Jawa bisa memenuhi persyaratan yang telah ditentukan," kata Pandu, Selasa (6/7/2021). 

Lokasi vaksinasi Covid-19 di Bandara YIA terletak di sentra vaksin, tepatnya di Ruang Check-in Island A sisi timur Bandara YIA. 

Pelayanan vaksinasi di bandara tersebut dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. 

Mereka nantinya akan diberikan pelayanan oleh petugas kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Bandara YIA bekerjasama dengan PT Kimia Farma dan Angkasa Pura Support.

 

[ sumber : jogja.tribunnews.com | Sri Cahyani Putri | Editor: Hari Susmayanti ]