Kita pasti akrab dengan Wi-Fi saat ini, karena banyak kegiatan kita menggunakan internet.

Wi-Fi adalah jaringan nirkabel yang menggunakan sinyal frekuensi radio untuk terhubung ke internet atau mengirim pesan antar perangkat, tanpa kabel. Semuanya, mulai dari ponsel, laptop, hingga tablet dan printer dapat menggunakan Wi-Fi, berkat gelombang ini.

Wi-Fi mulai digunakan pada tahun 1997, saat sebuah komite industri teknologi menyetujui standar Wi-Fi yang umum dan lebih kompatibel. Dua tahun kemudian, sekelompok perusahaan membentuk Wireless Ethernet Compatibility Alliance (WECA, sekarang Wi-Fi Alliance), sebuah organisasi nirlaba global yang dibuat untuk mempromosikan standar nirkabel baru.

Saat ini Wi-Fi menjadi semacam kebutuhan setiap orang, terutama di lokasi publik seperti restoran, kedai kopi, hingga mal, stasiun, atau bandara.

Apa singkatan dari Wi-Fi? Tak satu pun dari sejarah Wi-Fi menjelaskan apa sebenarnya singkatan dari Wi-Fi, karena frasa tersebut tidak mewakili apa pun. Wi-Fi adalah istilah merek dagang yang menggambarkan perangkat atau teknologi yang didasarkan pada standar komunikasi nirkabel 802.11 dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE),menurut Wi-Fi Alliance.

Jadi, Wi-Fi Alliance menyewa perusahaan pemasaran Interbrand untuk membuat nama lain: Wi-Fi,

menurut salah satu anggota pendiri Alliance. Ada beberapa perdebatan seputar pertanyaan "Apa kepanjangan dari Wi-Fi?" Desas-desus menyebut bahwa itu adalah singkatan dari "wireless fidelity". Tapi nyatanya itu adalah sebuah taglline dan bukan kepanjangan sebenarnya.

Pada waktu itu Alliance memasukkan tagline: The Standard for Wireless Fidelity karena banyak orang tidak memahami istilah Wi-Fi.  Itulah mengapa begitu banyak orang menganggap Wi-Fi adalah singkatan dari "wireless fidelity," tetapi faktanya tagline muncul itu muncul setelah nama Wi-Fi.

Ditambah lagi, Alliance justru malah menghapus tag tersebut. Karena banyak yang bertanya, Phil Belanger, anggota pendiri Wi-Fi Alliance, bahkan mengatakan, “Wi-Fi tidak berarti apa-apa. Ini bukan akronim. Tidak ada artinya.” Hingga saat ini istilah Wi-Fi tetap dipakai secara luas, dan setiap orang paham apa kegunaan Wi-Fi meskipun tidak ada yang tahu pasti apa artinya.

 

[ sumber : kompas.com | Penulis : Intan Pitaloka | Editor : Wisnubrata ]