Negara kita punya segudang talenta di bidang musik. Sejak dahulu kala, Indonesia udah menelurkan banyak banget musisi dengan kualias yang bisa dibilang keren. Bahkan kalau kamu dengerin lagi karya-karya mereka sekarang, kamu bakal terkejut dengan musikalitas dan kualitas musisi jaman dulu. Beda banget deh kalau kamu bandingin sama musisi jaman sekarang, yang kadang udah gak mikirin lirik sama sekali, pokoke laku. Nah berikut ini adalah musisi Indonesia jaman dulu yang bisa kamu jadiin cerminan hidup.

Dara Puspita

Surabaya emang terkenal dengan tempat lahirnya musisi rock. Nah salah satu yang paling keren yang pernah dilahirin adalah Dara Puspita. Band yang berdiri tahun 1964 ini dihuni oleh Titiek Adji Rachman (gitar), Lies Soetisnowati Adji Rachman (bas), Susy Nander (drum), dan Ani Kusuma (gitar). Tapi Dara Puspita baru terkenal di tahun 1965 setelah Lies Soetisnowati digantiin sama Titiek Hamzah. Etapi ternyata si Lies balik lagi ke band, dan gantiin Ani Kusuma. Duh Lies kamu kok labil banget sih. Tapi gak apa, toh ternyata formasi terakhir ini akhirnya bisa berkibar sampai ke tanah Eropa. Oiya, dalam bermusik Dara Puspita cendrung ngebawain lagu-lagu orang (cover) yang digubah dengan gaya Rock n Roll. Sedap.

Duo Kribo

Di tahun 70an, Indonesia dikenalkan sama grup musik yang personilnya mirip, hmmm cuma rambutnya doang sih. Yak, band ini dikenal dengan nama Duo Kribo, yang berisikan Achamd Albar dan Ucok Aka. Dengan ngebawain musik hard rock, Duo Kribo langsung jadi idola pecinta musik Indonesia. Kepopuleran Duo Kribo di musik akhirnya ngebawa mereka terjun ke ranah film.

The Brims

Mungkin ini adalah salah satu band yang kurang begitu dikenal. Tapi kalau kamu dengerin lagu-lagunya, kamu pasti langsung jatuh cinta. Kalau kamu suka musik-musik Psychedelic Rock, maka konsumsi lah The Brims 2 kali sehari sehabis makan. Oiya, konon band ini adalah bandnya Brimob, yang dibikin untuk mengenalkan orde baru lewat musik. Hmm.

Guruh Gipsy

Merupakan proyekan kolaborasi antara band Gipsy yang dimotori oleh Keenan Nasution dan Guruh Soekarnoputra. Hasil perkawinan kedua musisi ini pun menghasilkan sebuah album fenomenal yang sampe sekarang masih jadi kitab musisi-musisi muda.

Titiek Sandhora

Kalo kamu ngeliat Titiek Sandhora sekarang-sekarang ini, pasti kamu gak bakal nyangka kalau nenek dari 3 orang cucu ini udah nelurin banyak lagu hits di era 60an, diantaranya Halo Sayang, Dunia Belum Kiamat, dan Jangan Marah. Kalau kamu pecinta musik-musik ala Nancy Sinatra atau Jane Birkin, mungkin kamu bisa dengerin lagu-lagu lama Titiek Sandhora. Dijamin kamu pasti jatuh cinta.

Oiya, kalau Benyamin. S punya tandeman Ida Royani, maka Titiek Sandhora punya Muchsin Alatas yang melengkapi lagu-lagunya, dan sekarang sih si Muchsin udah melengkapi hatinya Titiek Sandhora juga. Tsaaah!  Nah yang menarik, duet Titiek - Muchsin ini sempat nyanyiin ulang lagu paling sensual di dunia, Je t'aime… moi non plusSerge Gainsbourg. Lagu yang dipopulerin sama penyanyi legendari Perancis, Serge Gainsbourg, yang berduet bareng Jane Birkin ini dinyanyiin dalam bahasa Indonesia.

Karimata

Nah ini dia nih salah satu band canggih yang dimiliki Indonesia. Dengan mengusung jenis musik Jazz Fusion, Bandnya Erwin Gutawa, Candra Darusman, Denny, Animoto Kosin, dan Uce ini jadi semakin spesial lewat unsur etnis Indonesia yang dimasukan ke dalam lagu. Pokoknya keren deh.

Sylvia Saartje

Mungkin Nicky Astria disegani sebagai penyanyi wanita Indonesia yang mampu meneriakan nada-nada rock. Begitu juga halnya dengan Tantri Kotak, yang dikenal lewat suaranya yang ngerock banget. Tapi dua wanita rocker tersebut gak berati apa-apa, dan akan terlihat sangat kecil jika disandingkan bareng Lady Rocker pertama dari Indonesia, Sylvia Saartje.

Januari Christy

Penyanyi cewek di Indonesia itu gak terlalu banyak. Udah gitu gak banyak yang punya karakter kuat. Nah salah satu penyanyi cewek dengan suara yang sangat berakarakter adalah Januari Christy

Bing Slamet

Seniman sesungguhnya. Mungkin kata tersebut tepat banget disematkan ke diri Ahmad Syech Albar atau yang lebih dikenal dengan nama Bing Slamet. Apa, kamu gak tau Bing Slamet? Ngapain aja sih kamu selama ini?

Sam Saimun

Salah satu penyanyi keroncong legendaris Indonesia. Punya karakter suara yang lembut nan renyah, sehingga pendengar pun akan terbuai olehnya. Kalau kamu susah tidur, mungkin dengerin lagunya Sam Saimun bisa membantu.

Oslan Husein

Mau tau dari mana asal lagu Kampuang Nan Jauh di Mato dan Lebaran (Selamat Hari Lebaran) yang saban Idul Fitri didendangkan itu? Jawabannya adalah Oslan Husein, yang merupakan penyanyi sekaligus aktor asal Padang, Sumatera Barat. Lewat suaranya lah bahasa Minang jadi semakin dikenal di tanah air. Oiya, ada satu hal keren yang pernah dilakuin Oslan Husein, yaitu ngebawain lagu Bengawan Solo dengan versi Rock n Roll. Widih!

Kalau musisi jaman dulu idola mu belum sempat masuk disini maafin ya, masih banyak banget soalnya.
(mb.com)

tapi kalau mau puas dengarin lagu-lagu dari musisi Indonesia Jaman Doeloe yang keren dan asik, dengerin aja GCD 98,6 fm, kalau mau request pun juga bisa, ..... sebaiknya Anda Tau