Beragam kuliner dari jeroan seperti usus, paru, dan hati merupakan bahan makanan yang tidak populer di berbagai negara Eropa kecuali beberapa negara Asia. Jika kuliner di Indonesia, bahan makanan tersebut akan menjadi menu yang lezat, berbeda di negara Barat yang bahkan menjadikannya sebagai makanan untuk hewan peliharaan.

Namun ternyata kuliner dari jeroan menjadi favorit di Skotlandia, salah satu negara di Eropa, yang hadir dengan selera yang berbeda. Sama dengan kuliner di Indonesia yang banyak menghadirkan menu yang lezat dari bahan jeroan. Salah satu hidangan khas Skotlandia adalah dari jeroan domba, Haggis.

Makanan ini akan disajikan dengan bahan yang dicampur dengan bahan dari jantung, hati, paru-paru, dan jeroan domba lainnya. Semua bahan dalam ini akan dihaluskan dan dicampur dengan bumbu yakni oatmeal, bawang Bombay, cabe, lemak, garam, merica, dan rempah lainnya.

Setelah diolah dengan beragam bumbu dan rempah, lalu kemudian dimasukkan kulit pembungkus sosis atau perut domba. Diikat dan direbus selama berjam-jam dalam air kaldu. Walau memiliki bentuk yang aneh, namun aroma dan rasanya begitu nikmat.

Kuliner dari jeroan ini merupakan hidangan khas Skotlandia. Rasa gurihnya akan menyatu dengan keunikan khas rempah dan jeroan. Hidangan khas Skotlandia ini juga adalah menu tradisional dari salah satu negara di Eropa ini. Hal ini karena resepnya sudah ada sejak zaman pertengahan. Saat itu, menu ini menjadi menu yang banyak dinikmati kalangan bawah yang kesulitan mengkomsumsi daging.

Namun, sekarang menu ini sudah banyak dinikmati para semua kalangan. Kuliner dari Jeroan ini bahkan kini menjadi hidangan yang mewah dan cukup mahal di Skotlandia. Menu ini juga banyak terdapat di hotel-hotel bintang lima dan restoran mewah yang menjadikan menu ini dengan racikan bumbu spesial dan menjadi menu fine dining.

Bukan hanya di hotel berbintang, namun Haggis menjadi menu yang banyak diolah masyarakat lokal untuk menu spesial atau dinikmati saat sarapan. Diolah dengan telur mata sapi, daging asap, roti, dan kacang-kacangan yang sudah direbus, hidangan khas Skotlandia ini akan begitu memikat.
(sumber ; panduanwisata.id)