KULONPROGO - Agenda olahraga kedirgantaraan, Jogja Air Show (JIA) bakal kembali digelar pada akhir April 2017 mendatang.

Konon, Kulonprogo juga akan dilibatkan sebagai lokasi perhelatan acara tersebut.

Rangkaian Jogja Air Show 2017 rencananya akan digelar pada 26-30 April. Berbeda dari tahun sebelumnya yang memusatkan seluruh rangkaian acara di Bantul, tahun ini perhelatan itu akan dilangsungkan di seluruh kabupaten/kota di DIY secara merata.

Hal ini dibenarkan Komandan Landasan Udara Adisucipto Yogyakarta, Marsekal Pertama (Marsma) Novyan Samyoga.

Kelangsungan JIA 2017 di Kulonprogo dijadwalkan untuk hari ketiga yang diramaikan dengan pertunjukan aero akrobatik, aksi terjun payung, dan aero modelling.

Novyan berharap, Pemkab Kulonprogo bersedia berpartisipasi menyiapkan kegiatan pendukung JIA 2017.

“Barangkali bisa dikombinasikan dengan bentuk kegiatan lain, semisal temu pelajar. Sehingga masyarakat tidak hanya datang menyaksikan pertunjukan di udara tetapi juga ada pengalaman lain,” kata Novyan saat bertandang ke kantor Bupati Kulonprogo, Rabu (1/3/2017).

Ia menyebutkan, tujuannya digelarnya JIA adalah untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap bidang kedirgantaraan.

Selain itu juga untuk mendekatkan TNI Angkatan Udara dengan masyarakat umum sehingga eksistensi insitusi negara tersebut bisa lebih dikenal dan diketahui publik secara luas.

Meski begitu, kerjasama dan mekanisme penyelenggaraan event tersebut di Kulonprogo masih dibicarakan lebih lanjut.

Penjabat Bupati Kulonprogo Budi Antono menyebut masih dibutuhkan kajian lebih lanjut terkait lokasi yang bisa digunakan untuk JIA 2017 di Kulonrogo.

Sejauh ini, pihaknya melihat ada dua tempat yang cocok, yakni Alun-alun Wates dan Stadion Cangkring.

Pihaknya pun menyambut baik rencana pelibatan Kulonprogo dalam JIA 2017. Menurutnya, acara ini bisa menjadi hiburan sekaligus penambah wawasan masyarakat Kulonprogo terkait dunia kedirgantaraan.

“Kami segera berkoordinasi untuk penyiapan kegiatan pendukung. Mungkin nanti ada siswa-siswa yang ikut hadir, jadi bisa sekalian sosialisasi masuk ke TNI AU,” ujar Budi

(sumber ; tribunnews.com)